Cara Merawat Kesehatan Organ Ginjal

Terdapat banyak penyakit yang menyerang organ metabolisme kita yang dapat menyebabkan kematian. Mulai dari penyakit lambung, usus, dan ginjal.
Ginjal merupakan organ yang memfilter zat yang tidak berguna dalam tubuh. Jika ginjal tidak sehat maka akan sangat berbahaya bagi tubuh secara keseluruhan. Jika seseorang menderita gagal ginjal, selain tranpalasi, satu-satunya cara agar dapat bertahan hidup adalah dengan cuci darah. Namun, cara ini masih kurang berhasil dalam memperpanjang usia penderita.
Sebelum terserang penyakit ginjal, alangkah baiknya kita pandai merawat kesehatan ginjal, berikut dibawah ini Cara Merawat Kesehatan Organ Ginjal:

  • Mengatur Pola Makan
Pilihlah makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang di tanam dengan tanpa pupuk kimia (organik) serta jauhilah makanan olahan, kurangi konsumsi garam berlebih, serta konsumsilah ikan atau daging putih tanpa lemak.
  • Aktif Bergerak
Ginjal anda bisa di jaga dengan cara yang paling mudah yaitu beraktifitas fisik. Anda harus aktif bergerak dan jangan bermalas-malasan, karena kesehatan anda bisa terjaga hanya dengan terbiasa menggerakkan badan.
  • Menjaga Berat Badan
Selain mempengaruhi keadaan emosional anda, berat badan yang berlebihan juga sangat tidak baik untuk kesheatan karena organ tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukkan lemak tersebut, termasuk ginjal yang lama kelamaan akan membuatnya menjadi lemah kinerjanya.
  • Jauhi Alkohol dan Hindari Rokok
Tembakau yang anda hisap sehari-hari akan merusak paru-paru dan juga ginjal. Selain itu, rokok dan juga alkohol merupakan salah satu penyebab utama tubuh anda terserang berbagai penyakit mengerikan, salah satunya ginjal.
  • Kontrol Tekanan Darah
Selama 5 tahun terakhir di peroleh data dari IRR yang membeberkan bahwasanya sebanyak 35% penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi.
  • Minumlah Air Putih
Minumlah air putih 6-8 gelas sehari. Ini sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal anda.
  • Hindari Stress
Stress yang menyerang anda membuat tekanan darah menjadi naik dan seperti yang sebelumnya dijelaskan, jika tekanan darah tinggi maka risiko anda terserang penyakit ginjalpun menjadi lebih besar.
  • Rajin Berolahraga
Rajin berolahraga merupakan tips paling mudah untuk menjaga kesehatan ginjal anda. Dalam hal ini bisa dilakukan seperti jalan kaki atau berlari setiap pagi.
  • Menghindari Beberapa Obat Antibiotic dan Anti Nyeri
Usahakan tidak mengjonsumsi atau bahkan menghindari beberapa obat antibiotic dan anti nyeri. Ini dikarenakan dapat merusak ginjal anda atau konsultasikan tentang penggunaan obat tersebut kepada dokter spesialis terlebih dahulu.

Kesehatan menjadi harta yang paling tak ternilai harganya. Maka dari itu, terapkan gaya hidup sehat dari sejak dini untuk mencegah dan merawat kesehatan tubuh.




[sumber: http://doktersehat.com]


| Cara Merawat Kesehatan Organ Ginjal





Simak artikel lainnya:

Related Posts:

0 Response to "Cara Merawat Kesehatan Organ Ginjal"

Posting Komentar

BILA BARANG TERBUKTI PALSU, RUSAK ATAU TIDAK SAMPAI DITANGAN ANDA. GARANSI UANG KEMBALI. ANDA BERMINAT? PESAN Disini !!!